Daya Tarik Pasar Bawah Pekanbaru

Sebelum mengetahui salah satu pasar terbaik di kota saya, Pekanbaru. Sebaiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan pasar itu. Pasar merupakan salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastuktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Atau biar mudah, seperti yang biasa kita kenal saat di pendidikan sekolah dasar atau sekolah menengah lainnya bahwa pasar itu adalah suatu tempat transaksi yang dilakukan oleh penjual dan pembeli.
Dan di Pekanbaru mempunyai sebuah pasar yang sangat terkenal yaitu Pasar Bawah. Dan pasar ini telah menjadi ikon tempat wisata belanja di kota Pekanbaru. Pasar bawah memiliki daya tarik yang luar biasa, dan sangat tersohor di kalangan orang-orang penggila barang-barang murah dan berkualitas. Sampai ada ungkapan begini “belum lengkap ke Pekanbaru kalau belum pernah ke Pasar Bawah”.
Bagi orang-orang luar Pekanbaru, Pasar Bawah merupakan salah satu tempat yang wajib disinggahi ketika berkunjung ke kota ini. Karena pasar ini telah menjadi ikon tersendiri bagi kota bertuah dan banyak orang. Bahkan arsitektur bangunan dari pasar ini terbilang unik dan khas. Bangunan pasar ini  terdiri dari empat lantai ditambah area parkir di lantai dasar. Corak dari bangunan ini merupakan campuran antara gaya Melayu dan Tionghoa. Jika kalian sempat berkunjung kesini akan merasakan suasana khas, yang seolah-olah berada Chinatown Singapura. Hal ini bisa dilihat dari motif relief yang terdapat di sekitar gedung ini. Begitu juga warna mencolok yang hampir menyerupai  Chinatown nya Singapura. 
Ketika kalian mendatangi pasar ini mungkin akan berpikiran bahwa pasar ini terlihat tak istimewa. Terlalu biasa untuk bisa disebut sebagai objek wisata belanja. Tapi begitu kalian memasuki pasar ini dan mencari-cari apa saja yang ada di pasar ini dengan serius, kalian akan menyadari bahwa daya tarik pasar ini terletak pada barang-barangnya yang ternyata banyak berasal dari luar negeri salah satunya Malaysia dan Singapura. Itulah sebabnya , meskipun pusat perbelanjaan modern mulai membanjiri kota ini, Pasar Bawah tidak juga kehilangan daya tarik magnetnya.
Jika cukup jeli dan beruntung, kalian akan menemukan barang-barang impor berkualitas dengan harga murah. Yang penting, di pasar ini ilmu tawar-menawar juga diperlukan sebelum membeli. Di Pasar ini kalian bisa menemukan banyak barang mulai dari tas, karpet, dompet, songket Melayu, keramik, sampai makanan yang kesemuanya impor.
Pasar ini sangat dekat dengan sungai Siak, sungai yang begitu terkenal dengan kedalamannya. Jadi tidak heran ketika di sekitaran pasar ini juga ramai dengan kedai-kedai makanan dan minuman yang berada di tepian sungai Siak. Dan jika kalian berkunjung ke pasar ini, setelah berpuas-puas buat belanja coba sempatkan lah untuk bersantai dan menikmati keindahan sungai ini. Sekaligus menikmati keindahan gedung Pasar bawah dari kejauhan.

#30HariKotakuBecerita


@Harisyavin 

Comments

  1. Wah jadi pengen ke Pekanbaru!

    by the way salam kenal :)

    http://www.piazakiyah.com

    ReplyDelete
  2. Iya Pia kemari saja, dan salam kenal kembali :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ketika Dunia Digital Membuat Candu

Tinggal Satu