Kota Dimana Kamu Hidup




Segala cerita yang ingin kau sampaikan
Juga kisah konyol yang ingin selalu kau ingat
Atau mungkin kau lupakan
Kota dimana kau hidup
Pekanbaru

Pekanbaru adalah  nyanyian tentang banyak mimpi. Kota warna-warni yang penuh dengan segala karakter ini memiliki hampir semuanya. Yang paling kau inginkan, sampai yang sangat tak kau inginkan. Yang membuatmu tertawa, merenung, bahkan menangis. Yang membuatmu bahagia hingga memaki, dan yang memaksamu tetap bertahan hidup.

Pekanbaru tetaplah rumah bagi siapapun

Ia tahu caranya menemukan kehilangan, meramaikan kesepian, hingga merayakan kekalahan. Setiap sudut di Pekanbaru dibangun dengan mimpi yang sederhana. Pekanbaru adalah sejuta semangat dan cita-cita sederhana. Walau Pekanbaru seringkali  tentang perlombaan yang memaksamu terus berlari.

Coba ingat-ingat perjalananmu di pagi hari menuju kampus.

Lupakan sejenak tentang semakin rumitnya kisah cintamu. Kesulitanmu menarik perhatian dia yang kau cintai, atau mantan kekasih yang sudah muak denganmu setengah mati. Mulailah pikirkan hal lain yang lebih penting. Karena Pekanbaru tak selalu tentang cinta yang begitu-begitu saja.

Sesekali, nikmati perjalananmu di atas motor. Kau akan menemukan orang-orang yang searah, seperjalanan atau setujuan denganmu. Melihat dan berpapasan dengan segala bentuk emosi wajah yang kadang membuatmu tiba-tiba kesal bahkan tersenyum manis tanpa tahu alasan apa yang pasti.

Kau punya banyak hal untuk dilakukan, berhentilah untuk menggerutu tentang hidup yang menyebalkan. Cari promo acara yang sekiranya menarik untuk kau datangi. Konser musik, event party, seminar motivasi, atau acara tahunan yang dirayakan dengan segala keluh kesah dan bahagianya.

Atau pergilah kemanapun kau mau, cari segala inginmu disana. Buang jauh-jauh ingatan tentang seseorang yang pernah terang-terangan mengharapkanmu namun nyatanya dia pergi dengan orang lain yang bukan kau. Sungguh kau punya kuasa atas dirimu sendiri, bersenang-senanglah. Tak mengapa sendirian, toh hidup juga soal kau bangkit dan jatuh seorang diri.

Kalau tak nyaman sendiri di atas motor, pasang saja earphonemu. Atur volume sedang, dan biarkan keajaiban Playlist Daily Joox membiusmu ke ruang bawah sadar. Di waktu yang hanya sedikit, bisa kau dapati bahwa bangunan ikonik di Pekanbaru tak selalu tentang falsafah hidup. Mereka adalah cerita dengan macam ragam. Mereka punya banyak emosi. Tapi mereka semua mencintai kota ini. Dengan segala keterbatasannya, dan dengan segala luar biasanya.

Mungkin kau pernah berpikir, Pekanbaru adalah cerita yang seharusnya ditinggalkan. Namun, kota ini pun takkan peduli seberapa sering kau jatuh cinta, dan sehancur apa kau saat patah hati. Pekanbaru adalah tentang keikhlasan dan pengorbanan. Pekanbaru mengajarkan bahwa hidup tak selalu tentang pecundang dan pemenang. Pekanbaru takkan bosan mengingatkanmu agar tak jumawa dan tetap berlapang dada.

Namun kadang kau juga harus pulang setelah pergimu sudah menemukan tujuan, tak penting seberapa umpatan yang keluar dari omong kosongmu, kau tetap punya hal baik yang ingin kau ceritakan dengan siapa saja.

Dan ketika lampu-lampu kota satu persatu telah dinyalakan, sekali lagi aku kembali sadar,

Pekanbaru adalah hal nomor dua yang paling kusuka setelah senyummu.

Panam, 25 Maret 2017

@Harisyavin
Inspired : Faizal Iskandar
Foto : @Miliksyadi

Comments

Popular posts from this blog

Daya Tarik Pasar Bawah Pekanbaru

Ketika Dunia Digital Membuat Candu

Tinggal Satu