Ketika Dunia Digital Membuat Candu


Awalnya internet adalah sebuah teknologi yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lain diseluruh belahan dunia tanpa ada hambatan jarak dan waktu. Namun seiring perkembangan zaman, internet tak hanya digunakan sebagai alat informasi dan komunikasi, melainkan internet telah menjadi ladang bisnis yang menguntungkan.

Selama tiga sampai empat tahun terakhir, banyak bermunculan beragam macam kisah menarik dari berkembangnya sebuah perusahaan berbasis internet yang berhasil menggeser tatanan industri lain. Perusahaan-perusahaan berbasis internet ini bukan hanya mampu memikat konsumen dengan jumlah besar dan dalam waktu singkat, Tapi juga sudah berani bersaing dengan berbagai perusahaan non-internet dalam berebut user atau pengguna terbaik, bahkan hingga berebut wilayah beriklan di billboard dan juga televisi.

Bak gelombang tsunami, para pelaku bisnis online yang berhasil ini banyak yang bercerita kisah sukses mereka, hingga kisah ini pun tentu menjadi inspirasi buat para pebisnis industri lain untuk merambah dunia digital.

Gojek contohnya, yang memikat konsumen  tentang kemudahan untuk bertransportasi dengan memakai sistem online. Tak ketinggalan pula Grab dan Uber yang memberi gairah pada sektor transportasi. Ditambah dengan maraknya aplikasi yang mempermudah traveller seperti Traveloka, Airy Rooms, Trivago dan lainnya. Dan juga makin agresifnya berbagai perusahaan e-commerce seperti Lazada, Salestock, Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, Bhinneka, dan MatahariMall. 

Maka jangan heran, ketika sekarang kita melihat laman di Facebook, banyak sekali bermunculan grup-grup bisnis online. Disamping itu, makin banyak ebook-ebook tentang cara berbisnis online dan cara sukses menjalani profesi sebagai seorang publisher internet marketing. Dan juga kian banyak aplikasi-aplikasi dan tools yang sangat berguna bagi para praktisi bisnis online dalam dunia internet marketing.
Sebenarnya, kita melihat bahwasanya konsumen di Indonesia merupakan brand loyal, artinya mereka hanya membeli dan mengkonsumsi produk yang telah dikenal dan jarang sekali berganti merek. Ini yang membuat pengusaha baru atau merek baru sedikit kesulitan untuk berkembang. Persoalan yang lebih pelik tentunya adalah infrastruktur internet yang belum merata di negeri ini. Ada pula masalah pembayaran kartu kredit yang masih belum terintegrasi dengan baik, sehingga pembeli masih mesti bertransaksi via ATM atau melalui minimarket franchise seperti Alfamart ataupun Indomaret.
Sepertinya kita harus memahami kalimat ini “Dunia internet marketing itu menyenangkan”
Ditandai dengan pengusaha-pengusaha muda yang sukses melalui online. Ditandai dengan bermunculan startup digital di Indonesia, UKM-UKM yang makin melek internet, dan para pelajar atau mahasiswa generasi millennial yang terjun ke dunia usaha lewat jalur internet. Usaha-usaha yang dulunya hanya dilakukan secara offline, kini makin banyak yang berbentuk digital. Bahkan sekarang bisnis MLM yang dijalankan lewat internet pun kian menjamur.
Hal tersebut tentunya memberi bukti bahwa internet sudah mendarah-daging bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Masyarakat yang awalnya sekedar memanfaatkan internet sebagai sumber informasi dan komunikasi, kini juga makin banyak yang memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan yang berujung terjadinya transaksi melalui platform online.
Ketika melihat tumbuh kembangnya dunia internet marketing di Indonesia kita tentunya patut bersyukur, karena diakui ataupun tidak para pelaku ini juga turut memberi sumbangsih bagi kemajuan perekonomian bangsa.
Meskipun begitu, kita sebagai pengguna dunia digital tentu ikut terseret dalam arus internet marketing ini. Mau tidak mau, suka atau tidak suka tanpa adanya kita pun dunia digital marketing tetap jalan mulus selama ada user yang memanfaatkan peluang yang ada.
Dan sekarang muncul dua opsi,
kita hanya mau menjadi penonton, atau juga ikut menjadi pelaku?
Nah, itu semua terserah Anda.

@Harisyavin
Kebon Sirih, 23 November 2017


Comments

Popular posts from this blog

Daya Tarik Pasar Bawah Pekanbaru

Tinggal Satu