Tren Pola Hidup Sehat Sebagai Gaya Hidup #AksiSehatCeria


Kita sepakat jika pola hidup sehat menjadi sebuah keharusan yang harus dijalani bagi setiap manusia, tidak terkecuali bagi orang-orang yang sudah merasa menjalani kehidupan yang sehat tetapi masih juga dilanda rasa sakit.

Tren pola hidup sehat kinipun telah menjadi sebuah gaya hidup bagi sebagian orang, tidak semua, tetapi itu cukup untuk menyebarkan perlahan tren positif ini. Tren ini menjadi pengaruh yang baik buat orang-orang yang punya kebiasaan buruk yang cenderung membahayakan kesehatan mereka. Misalnya adalah merokok, tentu ini merupakan kebiasaan buruk yang sulit dihentikan oleh para perokok.

Kita semua tahu bagaimana rokok dapat mengancam kesehatan kita, dan ini benar. Kemudian pemerintah ikut andil untuk menurunkan persentase kebiasaan buruk merokok di dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2013 tentang pencantuman peringatan kesehatan pada kemasan produk tembakau.

Di dalam aturan tersebut ada lima gambar yang digunakan di tiap bungkus rokok yaitu bronkitis akut, kanker mulut, kanker paru, kanker otak, kanker tenggorokan, merokok membahayakan anak, serta gambar tengkorak. Tujuannya ya tentu untuk menyadarkan perokok akan bahaya yang mengancam buat kesehatan mereka, bahkan kinipun produsen rokok sangat jelas mencamtukan tagline baru yaitu Rokok Membunuhmu.

Meski demikian, ternyata usaha tersebut tidak memberikan dampak yang signifikan. Bahkan kini kita dihadapkan pada kenyataan bahwasanya telah terjadi peningkatan jumlah perokok di usia remaja. Miris bukan?

Itulah mengapa kebiasaan buruk yang menjadi biasa tadi merupakan sebuah fenomena yang sulit kita hentikan, kita hanya bisa melakukan pencegahan dan mencoba melakukan hal lain yang dapat memberikan dampak terhadap tren positif tadi yaitu, pola hidup sehat.

Banyak cara yang tentu sudah banyak kalian temui di berbagai tulisan atau artikel tentang menjaga pola hidup yang sehat, namun tidak banyak yang memberikan informasi yang spesifik bagaimana pola hidup sehat itu. Dan disini saya sedikit berbagi tentang cara yang mudah untuk gaya hidup yang sehat :

1.       Olahraga
Semua orang tahu kalau olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh, tapi tidak semua orang melakukannya. Olahraga tidaklah mesti yang ribet-ribet, kalian bisa pilih yang santai semacam jogging dan senam. Jangan khawatir, olahraga ini bisa dilakukan oleh semua orang.

2.       Makanan yang tepat
Istilah 4 sehat 5 sempurna sudah jadi hal yang umum soal menu yang tepat buat kesehatan, karena menu ini sudah terkandung vitamin, protein, karbohidrat, serat sampai mineral. Jadi hal ini sudah sangat wajib hukumnya buat kalian yang ingin menjaga pola hidup yang sehat. Dan satu lagi, sering-sering konsumsi air putih, itu banyak manfaatnya!

3.       Jauhi kebiasaan buruk
Merokok dan begadang adalah kebiasaan yang lumrah dialami oleh remaja, dan ini jadi kebiasaan umum. Ini adalah kebiasaan buruk yang akan berakibatkan bertambahnya kebiasaan buruk lainnya seperti alkohol atau narkoba. Jadi, hentikan kebiasaan buruk yang umum tadi, coba pelan-pelan.

4.       Istirahat teratur
Tidur dengan jam yang tepat serta bangun di waktu yang tepat, jangan begadang. Sulit memang menjaga tidur yang tepat di zaman serba teknologi ini, pulang kerja atau kuliah yang dibuka ponsel dulu atau laptop, bangun tidurpun juga. Dan ini sebab kenapa begadang jadi hal yang biasa di kalangan remaja kini.

5.       Jaga kebersihan
Siapa sih yang ingin dirinya penuh kotoran? Sederhana saja, kita mulai dari kebersihan diri sendiri dulu, mandi yang cukup, sikat gigi dan rajin membersihkan tempat yang berpotensi jadi tempat berkumpulnya bakteri. Karena sebab virus dan bakteri muncul lahir dari tempat yang kotor.

6.       Tes Kesehatan
Sering-sering check kesehatan di klinik atau apotik terdekat, suatu kebahagiaan tersendiri jika apa yang kalian lakukan selama ini untuk menjaga pola hidup yang sehat ternyata mendapat hasil tes kesehatan normal. Selain itu, sempatkan juga untuk donor darah. Karena manfaat donor darah ini banyak sekali, terlihat sederhana tapi dampaknya luar biasa.

Jadi, untuk menjaga pola hidup yang sehat tadi diperlukan konsistensi. Jangan dirasa kita sudah cukup jauh dari penyakit nyatanya kita kembali lupakan kebiasaan pola hidup sehat tadi. 

Kebiasaan membaca tips-tips atau informasi kesehatan juga perlu dilakukan untuk tetap mengetahui informasi terbaru dan penting tentang berbagai penyakit atau hal mengenai kesehatan. Mari sama-sama menjaga kesehatan dan mengetahui informasi dari DokterSehat.

Lalu, ayo gerak dan jadikan pola hidup yang sehat sebagai gaya hidup!



@Harisyavin
Pekanbaru, 16 Oktober 2018



Comments

Popular posts from this blog

Daya Tarik Pasar Bawah Pekanbaru

Ketika Dunia Digital Membuat Candu

Tinggal Satu